Jika muncul pertanyaan “apa itu fotografi?”, kita tidak akan lepas dari sejarah. Fotografi/Photography berasal dari bahasa Yunani, yaitu photos (cahaya) dan graphos/grafo (melukis). Jadi fotografi merupakan suatu proses melukis dengan cahaya.Cahaya akan menyinari suatu objek, dan pantulan cahaya pada objek tersebut direkam oleh media yang peka cahaya, yaitu kamera.

Sebenarnya teori tentang kamera sudah ada pada abad ke 5 SM. Waktu itu pria bernama Mo Ti mengamati sebuah gejala. Jika pada dinding ruangan yang sangat gelap dan disana diberi lubang kecil, maka di dalam ruang gelap tersebut akan merefleksikan pemandangan diluar secara terbalik melalui lubang kecil tadi. Hal ini menjadi cikal bakal lahirnya kamera obscura.

Baca juga  Fotografi adalah Seni

Setelah mengetahui sejarah fotografi, tentunya kita mulai sedikit mengerti apa itu fotografi. Tapi belum cukup disini saja. Fotografi tidak hanya belajar sejarah, tapi ada juga teknik dan pemaknaan dalam memproses sebuah foto.Lambat laun perkembangan tentang gejala tersebut melahirkan suatu alat yang dinamakan kamera Obscura yang digunakan para seniman untuk membantu menangkap bayangan cahaya. Pada tahun 1820an Joseph Nicephore Niepce menggunakan kamera obscura berlensa melahirkan sebuah gambar cetak yang masih kabur dengan subjek Paus Pius VII yang diberi nama View from the Window at Le Gras, hal tersebut menjadikan karya Niecpe sebagai lahirnya foto pertama di dunia. Niecpe menggunakan proses Heliogravure diatas pelat logam yang dilapisi aspal. Hal yang dilakukan oleh Niecpe merupakan awal lahirnya fotografi di dunia. Sejak itu lahirlah berbagai jenis kamera mulai dari box camera sapai DSLR camera.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *